Merchant QRIS di Semarang Tumbuh 306 Persen Hingga Mencapai 265.783 Merchant

Semarang, UP Radio – Event Semarang Night Carnival (SNC) merupakan agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk mengapresiasi perkembangan seni dan budaya yang ada di Kota Semarang.

Bank Indonesia menilai perhelatan SNC sejalan dengan semangat Bank Indonesia yang mendorong perkembangan kemajuan daerah melalui berbagai potensi yang ada.

Siaran pers kepala perwakilan Bank Indonesia propinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra menyebut ditahun ini merupakan tahun pertama Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam Event Semarang Night Carnival.

Bank Indonesia melakukan sosialisasi QRIS saat perhelatan Semarang Night Carnival (SNC) 2022 di Sirkuit Mijen Semarang, (27/3/2022). (ist/shs)

Melalui SNC 2022, Bank Indonesia berpartisipasi untuk memberikan media edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan QRIS baik secara langsung di lokasi perhelatan maupun melalui berbagai media publikasi.

Selain itu, pada perhelatan juga turut diperagakan juga kostum bertema Cinta, Bangga dan Paham Rupiah serta QRIS yang dipamerkan pada SNC 2022.

Rahmat Dwisaputra menambahkan untuk mendukung pencapaian program 15 juta pengguna baru QRIS, juga telah dilaksanakan bazaar bertajuk ”Festival Semarang Tumplek Blek” di area Kantor Kecamatan Mijen, 26-27 Maret 2022.

Dalam bazaar tersebut, Bank Indonesia bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk mengQRIS-kan UMKM yang berpartisipasi. Pengunjung pun dapat bertransaksi secara digital di merchant yang tersedia.

Berdasarkan data Bank Indonesia hingga 4 Maret 2022, telah terdaftar sebanyak 265.783 merchant QRIS di Semarang. Jumlah tersebut tumbuh signifikan sebesar 306 persen (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Diharapkan ke depannya, sinergi dengan berbagai Perbankan dan Stakeholders terkait mampu mempercepat perluasan penggunaan QRIS di seluruh wilayah Semarang maupun Jawa Tengah. (shs)