Gempabumi Tektonik M 3.0 Menguncang Salatiga-Ambarawa

Semarang, UP Radio – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa yang terjadi di wilayah salatiga dan sekitarnya.

Melalui rilis resmi BMKG disebutkan gempa terjadi Sabtu dini hari (23/10) jam 00:32:05 dengan kekuatan 3,0 SR dan disusul gempa kedua jam 00:42:54 dengan kekuatan 2,9 SR dengan pusat gempa di titik koordinat 7.29 Lintang Selatan dan 110.38 Bujur Timur dan berada di 13 km Barat Laut Kota Salatiga.

“Hasil analisis BMKG menyebut gempabumi ini memiliki magnitudo M=3.0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.296 LS dan 110.38568 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km arah Baratlaut KOTA SALATIGA – JATENG, pada kedalaman 6 km,” tulis BMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Ambarawa I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

BMKG juga menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *