Sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BI Gelar Festival Joglosemar

Magelang, UP Radio – Dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (GBWI), Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menggelar Festival Joglosemar “Artisan of Java” di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang – Jawa Tengah.

Acara GBBI dan GBWI ini juga telah dilaksanakan di beberapa destinasi utama wisata Indonesia seperti Toba, Medan dan Mandalika, Lombok.

Kepala perwakilan BI propinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso dalam siaran pers mengungkapan, Festival Joglosemar mengusung tema “Artisan of Java”.

Advertisement

Dalam penyelenggaraanya Bank Indonesia bersinergi dan berkolaborasi dengan beberapa Kementerian dan Pemerintah Daerah untuk memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi Jateng dari aspek pariwisata dan UMKM, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Festival Joglosemar kali ini digelar 200 bentuk kegiatan, antara lain onboarding UMKM, capacity building, webinar series, serta promosi produk UMKM.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni untuk mendorong peningkatan national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” papar Pribadi Santoso.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah dan mendorong demand terhadap produk berkualitas tinggi serta berkualitas ekspor dari para artisan Jawa Tengah.

“Ratusan UMKM binaan BI ikut andil dalam kegiatan promosi pameran UMKM yang digelar dibeberapa tempat strategis lain, diantaranya Suntec City Mall Singapura, Mall Puri Indah Jakarta, Gallery UMKM Gedung Heritage BI DIY, Mall Kota Kasablanka Jakarta serta website www.festivaljoglosemar.com,” katanya.

Pribadi Santoso menambahkan, Festival Joglosemar juga merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Oleh karenanya, Bank Indonesia memberikan dukungan penuh untuk terciptanya optimalisasi sistem pembayaran digital melalui QRIS (Quick Response Indonesian Standard) dan menjadi bagian dalam kampanye penggunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM).

Data BI juga menyebutkan, hingga April 2021 sebanyak 615.887 merchant di Jawa Tengah telah bertransformasi dalam sistem pembayaran yang unggul dengan menggunakan QRIS.

Melalui pelaksanaan rangkaian kegiatan Festival Joglosemar, Bank Indonesia berharap dapat mendongkrak optimisme para pelaku usaha dan Pemerintah terhadap percepatan perbaikan ekonomi Serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Tengah terhadap produk-produk lokal unggulan yang berkualitas dan bertaraf internasional. (shs)

Add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement