in ,

2019 Jawa-Bali 100 Persen Teraliri Listrik

PLN mentargetkan Tahun 2019 Ratio Elektrifikasi di jawa bagian tengah akan mencapai 100 persen kendati saat ini Ratio elektrifikasi masih mencapai 94 persen.

“Target tersebut akan lebih mudah tercapai mengingat kondisi kelistrikan di jawa Bali sudah siap,” ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin saat menghadiri Multi Stakeholder Gathering PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogjakarta di Semarang (1/8).

Menurut Amir langkah tersebut sangat realistis dan lebih mudah dicapai mengingat saat ini kondisi kelistrikan sudah tersedia dan biaya pemasangan jaringan listrik di jawa hanya sebesar Rp 1,5 – 2 juta/pelanggan .

“Biaya tersebut jauh lebih murah dibanding diluar jawa dimana di satu titik lokasi untuk melakukan penyambungan, lokasi tersebut dihuni oleh sekitar 200 kepala keluarga, jatuhnya untuk satu pelanggan bisa sekitar Rp150 juta/pelanggan,” katanya.

Untuk mempercepat pencapaian target tersebut PLN saat ini semakin agresif utuk memperluas jaringan dan juga meningkatkan jumlah pelanggan di seluruh wilayah.

Sementara itu, mengenai belum teralirinya listrik di sejumlah daerah di Pulau Jawa, dikatakannya, karena penyambungan jaringan memang belum sampai ke daerah tersebut.”Tetapi sedang dalam proses, pada dasarnya kelistrikan di Jawa Bali khususnya Jawa Tengah sudah siap,” katanya.

PLN sangat siap untuk memenuhi permintaan ketenagalistrikan dimana PLN memiliki cadangan operasi Reserve lebih dari 30% dari Total kebutuhan listrik atau sebesar 33.153 MW  sedangkan beban puncak Jawa Bali saat ini adalah 25.106 MW.

Selain fokus pada penyambungan listrik baru, pihaknya juga berupaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mengenai gangguan yang sifatnya jaringan tegangan rendah. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Naik Trans Jateng

Pemkot Rehab 1162 Rumah Warga Miskin di Semarang